Tips Agar Tidak Mudah Lemas Ketika Berpuasa

Tips Agar Tidak Mudah Lemas Ketika Berpuasa

Ninopo.net – Puasa adalah perbuatan baik dalam ajaran Islam, para Nabi sangat menyukai aktivitas ini yang sudah diturunkan oleh Allah SWT. Manfaat puasa sendiri menjaga nafsu tidak berlebihan dalam satu bulan penuh. Biasanya Puasa mengihindari atau juga mengontrol hal seperti makana berlebihan, minuman berlebih hingga berhubungan intim.

Terlebih hubungan intim sangat di HARAMKAN mengingat bulan tersebut merupakan bulan yang sangat di sucikan oleh ajaran Islam. Namun banyak yang tidak begitu handal dalam menjalankan puasa. Terutama pada anak muda dan orang-orang yang kurang beriman. Mereka kerap kali membatalkan puasa dalam kasus “Saya Kerja Jadi Saya Capek dan Malas Puasa” tak hanya itu ada yang juga tidak sengaja karena merasa lemas dan tidak berenergi padahal tidak sakit.

Tapi saat ini sudah begitu banyak tips agar kamu tidak mudah lemas ketika Berpuasa. Dan tips ini juga kerap menjadi rujukan bagi para ahli ulama dan ustad sekali pun. Nah, berikut beberapa tips supaya tidak mudah lemas ketika sedang menjalankan puasa.


Tidak Boleh Tidak Sahur dan Berbuka

Ini merupakan kesalahan fatal jika ada yang sampai lupa berbuka puasa dan sahur. Padahal dua waktu ini merupakan waktu ketika kita harus mengisi berbagai kebutuhan dari mulai cairan, karbohidrat hingga energi. Beberapa makanan manis juga sangat diwajibkan untuk dikonsumi agar bisa mensuplai stamina agar tidak mudah lemas. Bayangkan jika melewatkannya pasti auto batal deh yang ujung-ujungnya tidak puasa.


Olahraga Ringan

Yang satu ini merupakan kebutuhan yang sangat jarang banyak orang sukai. Karena berbagai alasan tidak punya waktu mulai terbesit di pikiran ketika hendak melakukan akitivitas Olaharaga. Bahkan diwaktu normal alias tidak berada pada bulan puasa. Banyak orang yang enggan melakukannya apalagi dengan Puasa? Hellow, untuk itu banyaklah berolahraga agar tubuh menjadi bugar dan fit. Tidak perlu harus melakukan olahraga berat cukup pemanasan hingga 15 atau 30 menit maka tubuh akan terasa segar serta tidak mudah lelah ketika menjalankan puasa.


Konsumsi Cairan dan Makanan yang Cukup

Banyak diantara kamu pasti memilih-milih makanan ketika sedang menjalankan puasa. Menu incaran pasti gorengan dan makanan pedas menggigit. Sebenarnya tidak ada salahnya, tetapi seperti berbagi ahli jelaskan. Kalau pada momen aktivitas puasa bagi kaum muslim ada baiknya untuk mengurangi makanan gorengan dan pedas. Karena kedua jenis makanan ini mudah membuat tubuh kamu menjadi dehidrasi alias panas dalam. Akhirnya sakit tenggorakan lalu demam, lalu batal puasa deh karena sakit.


Jangan Begadang

Begadang sendiri sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu jika dilakukan sesering mungkin. Jadi bagaimana ketika hendak Sahur? apakah tidak termasuk begadang karena menyiapkan makanan di pagi hari? Ya, memang ada sedikit unsur begadang tetapi arti dari Begadang tidak tidur dari tengah malam sampai pagi. Jadi usahkanlah untuk beristirahat sebentar agar tidak lemas. Karena begadang memberikan efek tubuh lemas karena tidak mendapatkan istirahat yang cukup. INGAT KAMU BUKAN MESIN!


Pantang Berhubungan Badan

Momen bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah dan suci, sudah seyogyanya umat muslim mengindari hubungan intim. Hal ini dianggap sudah batal andai melakukan hubungan seks Meski Terhadap Pasangan Resmi. Jadi hindarilah hubungan suami istri atau seks, terlebih juga membuat tubuh menjadi lelah dan dapat mengacaukan puasa yang kamu sedang jalani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *